Saturday, September 13, 2008 at 11:30 AM |  


Kegiatan inisiasi seperti ospek dan ritual yang biasa diadakan para senior di sekolah, merupakan bentuk bullying yang tidak disadari. Kegiatan yang seharusnya bertujuan memperkenalkan sekolah dan program yang ada di sekolah, malah melenceng menjadi ajang untuk mempemalukan para siswa baru dengan kegiatan yang merendahkan dan mengintimidasi (detik.com).

Bullying adalah penggunaan kekuasaan atau kekuatan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok, sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tidak berdaya. Dan peristiwanya, sangat mungkin terjadi berulang. Andrew Mellor dari Antibullying Network University of Edinburgh, bullying terjadi ketika seseorang merasa teraniaya oleh tindakan orang lain baik yang berupa verbal, fisik maupun mental dan orang tersebut takut bila perilaku tersebut akan terjadi lagi (kompas.com).

Alhamdulillah, di kampus Peternakan Unsoed kita tercinta ini pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2008 (IOC ‘08) yang dilaksanakan tanggal 28-31 September 2008 sudah tidak menggunakan sistem yang mengandung bullying lagi, jika dibandingkan dengan fakultas-fakultas lainnya di Unsoed kita termasuk yang terbaik dalam pelayanan orientasi mahasiswa baru. Di Unsoed sendiri praktek bullying bagi mahasiswa baru masih terjadi, bahkan ada di salah satu fakultas yang bagian komdis/tatibnya membawa “pechut”dan memberikan hukuman fisik.

Di fakultas Peternakan sendiri, mahasiswa baru diperlakukan sebagai mana mestinya manusia, atau bahasa kerennya adalah memanusiakan mahasiswa, mahasiswa baru yang yang mengikuti kegiatan orientasi di kampus ini sudah tidak menerima bentakan-bentakan tak beralasan, tugas-tugas yang tak masuk akal dan memberatkan. Coba bayangkan saja, mahasiswa baru yang seharusnya menerima first impression yang baik tentang kampusnya, selama ini selalu menerima first impression yang buruk dan secara tidak langsung mendidik dan mengkader mahasiswa baru tersebut untuk menduplikasi kebudayaan bullying yang akan diaplikasikan untuk mahasiswa baru tahun berikutnya. Dan penulis berharap Fakultas Peternakan menjadi pelopor anti-bullying di Unsoed. Bravo Fapet Unsoed ^_^

Hmm, namun perlu dipertanyakan sebenarnya konsep kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang dulu sebelum para SC (Staring Commitee) membubarkan diri dan membubarkan panitianya dengan nama IC itu milik siapa? Setelah penulis membandingkan konsep IOC dan IC sebenarnya sangat mirip, cuma berganti stempel, susunan pengurus, dan beberapa konsep IC yang dibuang atau bisa disebut cuma konsep ganti sampul buku saja, bahkan kemarin saat pihak BEM ditanyai perihal konsep IOC, BEM belum bisa menunjukkan konkrit konsepnya baik softcopy maupun hardcopynya. Kurangnya pemahaman konsep di kalangan OC (panitia) dan misskomunikasi antara SC, OC dan BEM menjadi penyebab IC dibubarkan kala itu. Kedudukan SC yang notabenenya pada saat itu merupakan perwakilan dari semua UKM dan HMPS di Fakultas Peternakan Unsoed merasa aspirasi mereka tidak tersampaikan dengan baik. Tapi toh nasi sudah menjadi bubur, akhirnya dari kalangan SC sendiri tidak mempermasalahkan hal ini lebih lanjut, karena pihak SC tidak ingin menimbulkan konflik yang lebih panjang dan rumit.

Well, yang penting mahasiswa baru dimanusiakan sebagaimana mestinya, tidak terjadi mekanisme bullying terhadap mahasiswa baru, toh baik visi SC IC dan BEM Fapet yang baru adalah sama, yaitu membuat dinamisasi mahasiswa dan kegiatan organisasi yang lebih baik lagi di Fakultas Peternakan Unsoed tercinta ini. So, KEEP SPIRIT ^_^ Say no to Bullying & NATO (No Action Talk Only).

2 komentar:

Asisten Lab. Fisika FT UMJ said...

OSPEK DAH GAK ZAMAN.....


met blog nt banyak galerinya.. link nya apa aja met??/

blog gw masih kuno cuma gw gak tau biar banyak galeri tampilannya gmna...
hehehe gw msh gaptek mslh blog....

blog gw : muchson85@blogspot.com

Tuesday, 16 September, 2008  
Asisten Lab. Fisika FT UMJ said...

ini gw muchson

Tuesday, 16 September, 2008  
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates