Friday, May 30, 2008 at 7:42 AM |  

HDR=TM, sebuah rumus sederhana sebagai dasar dalam berhubungan dengan manusia. Saya mendapatkannya dari dosen saya Mr. Kusuma Widayaka saat kita sedang ngobrolin tentang softskill. HDR=TM itu singkatan dari Harga Diri Rendah=Timbul Masalah.
Tak ada seorang pun di dunia ini yang harga dirinya mau direndahkan. Oleh karena itu, menghargai seseorang adalah hal yang paling dasar yang harus dilakukan setiap orang agar hubungan sosial kita dapat lebih harmonis.

Berbicara tentang menghargai seseorang, bukan hanya sekedar kita memuji mereka, atau kita tampak ramah pada semua orang, tetapi lebih jauh lagi adalah masalah "attitude" atau "sikap" kita sebagai manusia dalam berhubungan dengan orang lain, cara berbicara kita, cara menyampaikan pendapat, bahkan cara kita berpenampilan-pun dapat menunjukkan penghargaan kita terhadap seseorang, menghargai adalah sesuatu yang kopleks tapi sebetulnya sederhana.

Dan pastinya, segala sesuatu yang tidak didasari rasa menghargai (respect) akan menimbulkan sebuah masalah yang tidak menyenangkan. Bencana dimana-mana adalah hasil interaksi kita dengan alam, yang semakin hari semakin tidak kita hargai. Konflik horizontal yang terjadi di negara ini pun biasanya didasari oleh harga diri yang direndahkan. Well, kepada siapakah kita harus selalu saling menghargai? sudah tentu kepada sesama manusia, sesama makhluk hidup dan alam raya

So, kembali lagi ke pepatah kuno "Jika Anda Ingin Dihargai, maka Hargailah Orang Lain"




Posted by Somet The 武士 Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger templates